RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN (RPL)
  SATUAN LAYANAN BK KLASIKAL
  Satuan Pendidikan   |     : Sekolah Menengan Atas Negeri 1 .......................   |   
 Kelas/Semester   |     : XI   / 2   |   
 Waktu     |     : 1  X 40  menit   |   
 MATERI LAYANAN   |     :   |     BAB  III  BELAJAR   A   PENTINGNYA BELAJAR   |   
 ASPEK PERKEMBANGAN   |     :   |     4.  Kematangan intelektual   |   
 NILAI KARAKTER   |     :   |     Disiplin, Kerja Keras,   Kreatif, Mandiri, Rasa ingin tahu, Menghargai Prestasi, Gemar Membaca.   Tanggung Jawab   |   
 KOMPETENSI              |     :   |     Pengaruh hubungan sosial terhadap belajar   |   
 INDIKATOR   |     :   |     Mengikuti   acara di sekolah yang sanggup menyebarkan emosi atau keterikatan sosialnya   terhadap orang lain   |   
 BIDANG LAYANAN   |     :   |     Belajar   |   
 TUJUAN LAYANAN   |     :   |     Peserta didik   sanggup memahami tanggung jawabnya sebagai pelajar   |   
 FUNGSI LAYANAN   |     :   |     Pemahaman,   Penyesuaian, Penyaluran, Preventif,  pemeliharaan,   Pengembangan   |   
 METODE   |     :   |     Kooperatif   Learning,  Joyfull Learning   |   
 SUMBER LAYANAN    |     :   |     Modul B   -  Psikologi Remaja, Dinamika   |   
 LANGKAH-LANGKAH LAYANAN :   |   ||
 KEGIATAN PELAYANAN KLASIKAL   |      WAKTU   |    
 A.   Pendahuluan   1.      Memberi salam, menyidik kehadiran akseptor didik dan   kebersihan kelas.   2.      Apersepsi dan motivasi : Saat ini berguru itu penting   atau tidak ?   3.      Menjelaskan tujuan pelayanan klasikal, aspek dan kiprah perkembangan   yang akan dicapai sesuai dengan RPL Silabus.   |     10 ’   |   
 B.   Kegiatan Inti   1.    Proses    •    Eksplorasi  : peserta   didik mencicipi aneka macam pendekatan pelayanan bimbingan.akan pentingnya   belajar.   •    Elaborasi    : mengemukakan   gagasan baru  secara mulut pentingnya   belajar.   •    Konfirmasi  : memberikan konfirmasi terhadap   pengalaman berguru sehari-hari.   2.    Aspek CTL    •      Questioning   (bertanya) : tanya jawab bervariasi perihal “Goal of Study”   •      Konstruktivisme (membangun) : Peserta didik mencicipi   manfaat berguru sebagai kewajiban.   •      Modeling (pemodelan) : guru BK/Konselor membacakan   dongeng “Percaya diri dalam belajar”   •    Authentic   Assessment (penilaian yang sebenarnya) : Peserta didik menyelesaikan   kiprah di modul BK dengan memberi tanda silang pada kolom T atau TP.   3.    Kecakapan Hidup    •    Kooperatif   : akseptor didik sebagai pelajar memahami tanggung jawab dalam belajar.   |     25’   |   
 C.   Penutup   1.      Kesimpulan : akseptor didik dan guru BK menyimpulkan   pentingnya belajar.   2.      Refleksi       : tanggung jawab pelajar yaitu   belajar.   |     5 ’   |   
 X.PENILAIAN
  TEKNIK   |     BENTUK   |     TAHAP PENILAIAN   |   
 Penilaian   diri   |     Pendapat   pribadi   |     Laiseg    :   Memahami kiprah utama pelajar yaitu belajar.   Laijapen : Membiasakan diri untuk belajar.      Laijapan : Belajar sebagai acara utama.      |   
 XI.CATATAN KHUSUS
  A.  Diberikan reward jikalau ada perubahan perilaku pada akseptor didik berjulukan : 
  B.  Diberikan Perhatian Khusus (PK) bagi akseptor didik yang belum ada perubahan perilaku bernama 
  Mengetahui,                                                                                ..............................,    Juli 2017 
  Kepala  Sekolah Menengan Atas Negeri 1 ...............                                                Guru BK Kelas XI
  ....................................                                                               ................................................ 
  NIP.                                                                                           NIP. –