Format Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
Analisis penilaian hasil berguru penerima didik pada belahan ini bertujuan untuk memperbaiki kompetensi penerima didik terhadap materi pembelajaran, yang memperkuat nilai utama aksara melalui literasi dalam suatu pembelajaran sehingga guru sanggup menyusun kegiatan remedial atau pengayaan serta perbaikan proses pembelajaran berikutnya. Penilaian dalam proses pembelajaran meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan, termasuk didalamnya penguasaan terhadap kemampuan multi literasi dan penguatan nilai-nilai karakter
Penilaian Sikap
Penilaian perilaku dilakukan secara berkelanjutan dan komprehensif oleh gurumata pelajaran, guru bimbingan konseling, dan wali kelas dengan memakai observasi dan info lain yang valid dan relevan dari banyak sekali sumber. Penilaian perilaku juga sanggup memperhatikan perubahan nilai-nilai aksara yang ditunjukkan oleh penerima didik terkait dengan nilai-nilai utama karakter, ialah religiositas, nasionalisme, kemandirian, gotong-royong, dan integritas
Penilaian Sikap
Penilaian perilaku dilakukan secara berkelanjutan dan komprehensif oleh gurumata pelajaran, guru bimbingan konseling, dan wali kelas dengan memakai observasi dan info lain yang valid dan relevan dari banyak sekali sumber. Penilaian perilaku juga sanggup memperhatikan perubahan nilai-nilai aksara yang ditunjukkan oleh penerima didik terkait dengan nilai-nilai utama karakter, ialah religiositas, nasionalisme, kemandirian, gotong-royong, dan integritas
Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan mengukur kemampuan kognitif dan kecakapan berpikir tingkat rendah hingga tingkat tinggi penerima didik. Penilaian pengetahuan dilakukan untuk mengetahui pencapaian ketuntasan belajar, mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan penguasaan pengetahuan dalam proses pembelajaran, termasuk penguasaan terhadap kemampuan multi literasi. Oleh sebab itu, pemberian umpan balik kepada penerima didik oleh guru sangat penting sehingga hasil penilaian sanggup dipakai untuk perbaikan mutu pembelajaran.
Baca Juga:
Penilaian Keterampilan
Penilaian ketrampilan tidak terlepas dari penilaian pengetahuan dan sikap. Dalam penilian ketrampilan harus meliputi ketrampilan berfikir (abstrak) dan ketrampilan kongkrit untuk mata pelajaran tertentu. Dengan demikian penilaian keterampilan (abstrak) juga harus mempertimbangkan nilai-nilai aksara sebagai perubahan atas perilaku yang merupakan hasil pembelajaran.
Penilaian ketrampilan tidak terlepas dari penilaian pengetahuan dan sikap. Dalam penilian ketrampilan harus meliputi ketrampilan berfikir (abstrak) dan ketrampilan kongkrit untuk mata pelajaran tertentu. Dengan demikian penilaian keterampilan (abstrak) juga harus mempertimbangkan nilai-nilai aksara sebagai perubahan atas perilaku yang merupakan hasil pembelajaran.
Penilaian ketrampilan sanggup dilakukan dengan banyak sekali tehnik antara lain penilaian praktek/kinerja, proyek, dan porto folio. Penilaian keterampilan sanggup dilakukan dengan banyak sekali teknik antara lain penilaian praktik/kinerja, proyek, dan portofolio. Teknik penilaian lain sanggup dipakai sesuai dengan karakteristik kompetensi mata pelajaran yang akan diukur. Instrumen yang dipakai sanggup berupa daftar cek atau skala penilaian yang dilengkapi rubrik
Setelah penilaian dilaksanakan, guru menawarkan umpan balik berupa komentar pada kinerja penerima didik. Hasil penilaian kinerja tersebut selanjutnya dianalisis untuk mengetahui ketercapaian kompetensi, kemampuan literasi, dan nilai-nilai aksara yang berkembang, sehingga sanggup memilih rencana remedial atau pengayaan.
Untuk mendapat Format Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan Kurikulum 2013 Revisi 2017 secara lengkap silahkan unduh filenya di bawah ini: