RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN
SATUAN LAYANAN KLASIKAL
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengan Atas Negeri 1....................
Kelas/Semester : X / 2
Waktu : 1 X 40 menit
I. MATERI LAYANAN : BAB V MY DREAM
B. KARIR YANG KUIMPIKAN
II. ASPEK PERKEMBANGAN : 8. Perilaku kewirausahaan (kemandirian sikap ekonomis)
III. NILAI KARAKTER : Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Rasa ingin tahu, Menghargai Prestasi, Bersahabat, Sosial, Tanggung Jawab.
IV. KOMPETENSI : Memiliki minat pekerjaan melalui penguasaan berguru
V. INDIKATOR : Memahami bidang pekerjaan yang sesuai dengan bakatnya
VI. BIDANG BIMBINGAN : Karir
VII. TUJUAN LAYANAN : Peserta didik memahami pekerjaan yang sesuai dengan bakatnya.
VIII. FUNGSI LAYANAN : Pemahaman, Penyesuaian, Penyaluran, Preventif, Pemeliharaan, Pengembangan
IX. METODE : Kooperatif Learning, Joyfull Learning
X. SUMBER LAYANAN : Modul BK - Psikologi Remaja, Dinamika Kelompok
XI. LANGKAH-LANGKAH LAYANAN :
KEGIATAN PELAYANAN KLASIKAL | WAKTU |
A. Pendahuluan 1. Memberi salam, menyidik kehadiran penerima didik dan kebersihan kelas. 2. Apersepsi dan motivasi : 3. Menjelaskan tujuan pelayanan klasikal dan aspek perkembangan yang akan dicapai sesuai dengan RPL Silabus. | 10 ’ |
B. Kegiatan Inti 1. Proses • Eksplorasi : menjadi pelajar yang mempunyai minat terhadap pekerjaan melalui penguasaan belajar. • Elaborasi : mengemukakan gagasan gres untuk memahami bidang pekerjaan. • Konfirmasi : memperoleh pengalaman yang bermakna sebagai dewasa dalam mencapai aspek perkembangan ialah memahami pekerjaan yang sesuai dengan bakatnya. 2. Aspek CTL • Questioning (bertanya) : tanya jawab bervariasi untuk mempunyai minat pekerjaan melalui penguasaan belajar. • Konstruktivisme (membangun) : ”PREPARING MY DREAMED CAREER” supaya penerima didik mempersiapkan diri memilih karir. • Inquiri (menemukan) : guru BK/Konselor menunjuk beberapa siswa untuk mendeteksi kemampuan dalam berguru selama di SMP/MTs. • Authentic Assessment (penilaian yang sebenarnya) : menuntaskan kiprah di modul BK dengan mengisi kuiz : ”NGECEK BAKAT YUK !” 3. Kecakapan Hidup • Karya siswa : melaksanakan acara positip yang menunjukkan penguasaan belajar. | 25’ |
C. Penutup 1. Kesimpulan : penerima didik dan guru BK menyimpulkan cara memahami bidang pekerjaan yang sesuai dengan bakatnya 2. Refleksi : memahami pekerjaan yang sesuai dengan bakatnya | 5 ’ |
TEKNIK | BENTUK | TAHAP PENILAIAN |
Penilaian diri | Kuis mengecek bakat | Laiseg : Memiliki harapan karir di masa depan. Laijapen : Rajin berguru untuk mencapai cita-cita. Laijapan : menunjukkan prestasi belajar |
A. Diberikan reward jikalau ada perubahan sikap pada penerima didik berjulukan :
B. Diberikan Perhatian Khusus (PK) bagi penerima didik yang belum ada perubahan sikap bernama
Mengetahui, .............................., Juli 2017
Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 1 ............... Guru BK Kelas X
.................................... ................................................
NIP. NIP.