Silabus PJOK Kelas 7,8 dan 9 SMP/MTs Revisi 2017 |
Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) merupakan salah satu mata pelajaran pada Kurikulum 2013. PJOK merupakan bab integral dari acara pendidikan nasional, bertujuan untuk membuatkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan higienis melalui pembekalan pengalaman berguru memakai acara jasmani terpilih yang dilakukan secara sistematis yang dilandasi nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Silabus ini merupakan pola bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran biar siswa bisa membuatkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan higienis sesuai dengan tujuan.
Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan menawarkan kesempatan kepada guru untuk mengembangkannya lagi sesuai kebutuhan dan mengakomodasi keungulan- keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus meliputi kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang untuk mencapai kompetensi dasar yang diharapkan. Kegiatan pembelajaran yang termuat di dalam silabus ini merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru sanggup membuatkan aneka macam kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan tingkat perkembangan siswa.
Kegiatan Pembelajaran pada silabus ini sanggup diadaptasi dan diperkaya dengan konteks lokal atau sekolah, serta konteks global untuk mencapai kualitas optimal hasil berguru pada siswa terhadap Kompetensi Dasar. Kontekstualisasi pembelajaran tersebut dilakukan biar siswa tetap berada pada budayanya, mengenal dan mengasihi alam dan sosial di sekitarnya, dengan perspektif global sekaligus menjadi pewaris bangsa sehingga akan menjadi generasi tangguh dan berbudaya Indonesia.
Sejalan dengan karakteristik pendidikan masa 21 yang memanfaatkan teknologi gosip dan komunikasi, pembelajaran PJOK dalam Kurikulum 2013 juga memanfaatkan teknologi gosip dan komunikasi sebagai media dan sumber berguru di samping buku guru dan buku siswa yang dikala ini juga masih sanggup dipegunakan. Pemanfaatan TIK mendorong siswa dalam membuatkan kreativitas dan berinovasi serta meningkatkan pemahaman dan pengetahuan. Penerapan IT dalam pembelajaran PJOK seperti: pengamatan melalui tanyangan video, pengamatan melalui internet, sumbangan kiprah melalui internet dan pengumpulan kiprah melalui internet.
Silabus ini merupakan pola bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran biar siswa bisa membuatkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan higienis sesuai dengan tujuan.
Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan menawarkan kesempatan kepada guru untuk mengembangkannya lagi sesuai kebutuhan dan mengakomodasi keungulan- keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus meliputi kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang untuk mencapai kompetensi dasar yang diharapkan. Kegiatan pembelajaran yang termuat di dalam silabus ini merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru sanggup membuatkan aneka macam kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan tingkat perkembangan siswa.
Kegiatan Pembelajaran pada silabus ini sanggup diadaptasi dan diperkaya dengan konteks lokal atau sekolah, serta konteks global untuk mencapai kualitas optimal hasil berguru pada siswa terhadap Kompetensi Dasar. Kontekstualisasi pembelajaran tersebut dilakukan biar siswa tetap berada pada budayanya, mengenal dan mengasihi alam dan sosial di sekitarnya, dengan perspektif global sekaligus menjadi pewaris bangsa sehingga akan menjadi generasi tangguh dan berbudaya Indonesia.
Sejalan dengan karakteristik pendidikan masa 21 yang memanfaatkan teknologi gosip dan komunikasi, pembelajaran PJOK dalam Kurikulum 2013 juga memanfaatkan teknologi gosip dan komunikasi sebagai media dan sumber berguru di samping buku guru dan buku siswa yang dikala ini juga masih sanggup dipegunakan. Pemanfaatan TIK mendorong siswa dalam membuatkan kreativitas dan berinovasi serta meningkatkan pemahaman dan pengetahuan. Penerapan IT dalam pembelajaran PJOK seperti: pengamatan melalui tanyangan video, pengamatan melalui internet, sumbangan kiprah melalui internet dan pengumpulan kiprah melalui internet.
Baca juga artikel terkait lainnya seperti: