[Pengertian] Fungsi Jenis, & Bagian-Bagian Gigi

[Pengertian] Fungsi Jenis, & Bagian-Bagian Gigi| Gigi adalah alat yang digunakan untuk mengolah makanan saat kita makan. Dengan adanya gigi, kita dapat mengigit, memotong, mengunyah, sobek, & menghaluskan makanan yang kita makan. Proses & cara kerja yang dilakukan gigi dinamakan mencerna makanan secara mekanik. Gigi berfungsi untuk mengunyah makanan menjadi halus. Hal ini sangat membantu kinerja enzim untuk mencerna makanan secara cepat & efisien. 

A. Macam2 Bentuk Gigi Manusia serta Fungsinya - Gigi manusia dibedakan menjadi 4 macam gigi yang terdapat dimulut berdasarkan bentuknya. Macam2 gigi manusia serta fungsinya antara lain sebagai berikut.. 
  • Gigi seri (identis insisivus) adalah gigi yang terdiri satu akar yang berfungsi untuk memotong & mengerat makanan atau benda lainnya. Gigi seri berada pada bagian depan dengan bentuk yang tegak & tepi yang tajam. Seperti sekop atau tatah. 
  • Gigi taring (identis kaninus) adalah gigi yang terdiri satu akar yang berfungsi untuk mengoyak makanan atau benda lainnya. Bentuk dari gigi taring adalah tinggi & runcing. 
  • Gigi geraham depan (pramolar) adalah gigi yang terdiri dari dua akar yang berfungsi untuk menggilas & mengunyah makanan atau benda lainnya. Bentuk gigi gerahan depan adalah lebih rendah & lebih rata dengan benjolan-benjolan kecil. 
  • Gigi gerahan belakang (molar) adalah gigi yang terdiri dari tiga akar yang berfungsi untuk melumat, menghancurkan, menghaluskan & mengunyah makanan atau benda-benda lainnya. 
Gigi adalah alat yang digunakan untuk mengolah makanan saat kita makan [Pengertian] Fungsi Jenis, & Bagian-Bagian GigiB. Bagian-Bagian Gigi - Secara struktural, Anatomi gigi tersusun dari atas bagian-bagian antara lain sebagai berikut.. 
1. Mahkota Gigi (Korona) - Makhkota gigi (korona atau biasa disebut puncak gigi yaitu bagian yang tampak dari luar. Setiap jenis memiliki bentuk mahkota gigi yang berbeda-beda.  
2. Leher gigi (Kolum) - Leher gigi (kolum) adalah bagian gigi yang berada di dalam gusi yang terlindung & merupakan batas antara mahkota & akar gigi. 
3. Akar gigi (Radiks) - Akar gigi adalah bagain gigi yang ada didalam rahang & tertanam. Akar gigi menancap di tulang rahang dengan jumlah satu atau dua.

Gigi adalah alat yang digunakan untuk mengolah makanan saat kita makan [Pengertian] Fungsi Jenis, & Bagian-Bagian Gigi

C. Lapisan - Lapisan Gigi - Pada bagian gigi manusia yang terstruktur/tersusun atas 4 (empat) lapisan/ jaringan antara lain sebagai berikut.. 
  • Email - Email adalah lapisan/jaringan keras yang melapisi bagian mahkota gigi yang mengandung kalsium. Fungsi Email gigi adalah untuk melindungi tulang gigi di bagian luar gigi manusia.  
  • Tulang Dentin - Tulang dentin adalah lapisan/jaringan yang dibentuk oleh zat kapur berwarna kekuningan yang terdapat setelah lapisan Email. 
  • Pulpa (Rongga gigi) - Pulpa adalah lapisan yang terdapat pembuluh darah untuk memelihara seluruh gigi, & serabut-serabut saraf yang mendeteksi, tekanan, panas, dingin, & sakit. Pembuluh darah & saraf menjulur ke akar gigi. 
  • Semen - Semen adalah lapisan keras yang memiliki konstruksi yang kuat melapisi akar gigi. Semen/sementrum merupakan lapisan pada akar gigi yang berdamping/bertasan langsung denan tulang rahang dimana daerah tersebut tempat tumbuhnya gigi manusia.
D. Susunan & Jumlah Gigi - Berdasarkan dari tahapan perkembangannya, gigi manusia terdiri dari dua kelompok yaitu gigi susu & gigi dewasa. Gigi susu (dentis desidue) adalah gigi yang tumbuh di anak yang berusia 6 bulan - 8 bulan. Sejak usia 6-14 tahun, gigi susu akan tanggal satu persatu dengan digantikan oleh gigi dewasa.

1. Jumlah Gigi Susu anak adalah 20 buah : 
  • Gigi seri - 8 buah 
  • Gigi taring - 4 buah 
  • Gigi geraham - 8 buah
Gigi adalah alat yang digunakan untuk mengolah makanan saat kita makan [Pengertian] Fungsi Jenis, & Bagian-Bagian Gigi

2. Jumlah Gigi Dewasa atau gigi tetap (identis permanen) adalah 32 buah : 
  • Gigi seri - 8 buah 
  • Gigi taring - 4 buah 
  • Gigi geraham depan - 8 buah 
  • Gigi geraham belakang - 12 buah
Gigi adalah alat yang digunakan untuk mengolah makanan saat kita makan [Pengertian] Fungsi Jenis, & Bagian-Bagian Gigi

Baca Juga : 

Demikianlah informasi mengenai [Pengertian] Fungsi Jenis, & Bagian-Bagian Gigi. Semoga teman-teman dapat menerima & bermanfaat bagi kita semua baik itu [Pengertian] gigi, fungsi gigi, Jenis2 gigi, & bagian-bagian gigi, susunan gigi, jumlah gigi dewasa (permanen), jumlah gigi anak (gigi susu). Sekian & terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman". Jangan Lupa SHARe yah :) . 
Referensi : 
  • Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi - SMA & MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.
LihatTutupKomentar