RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : MTs ………..
Mata Pelajaran : Qur’an Hadis
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Materi : Al-Qur’an dan Hadist sebagai Pedoman Hidupku
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Alokasi Waktu : 10 x 40 Menit (5 pertemuan)
A. Kompetensi Inti:
C. Tujuan Pembelajaran
D. Materi Pembelajaran
1. Pengertian dan fungsi al-Quran dan Hadis
2. Cara memfungsikan al-Quran dan hadis
3. Cara menyayangi al-Quran dan Hadis
4. Ciri-ciri sikap orang yang menyayangi al-Quran dan Hadis
E. Metode Pembelajaran
Mata Pelajaran : Qur’an Hadis
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Materi : Al-Qur’an dan Hadist sebagai Pedoman Hidupku
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Alokasi Waktu : 10 x 40 Menit (5 pertemuan)
A. Kompetensi Inti:
No | Kompetensi Inti | |
KI-1 | Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya | |
KI-2 | Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | |
KI-3 | Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata | |
KI-4 | Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori |
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar (KD) | Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) | Materi Pokok |
1.1 Meyakini al-Quran dan Hadis sebagai pedoman hidup | 1.1.1 Meyakini Alquran dan dan Hadits sebagai pedoman hidup | Al-Qur’an dan Hadist sebagai Pedoman Hidupku |
2.1 Memiliki sikap menyayangi al Alquran dan Hadis dalam kehidupan. | 2.1.1 Berperilaku yang sesuai dengan al Alquran dan Hadis dalam kehidupan | |
3.1 Memahami kedudukan al-Quran dan Hadis sebagai pedoman hidup umat manusia. | 3.1.1 Menjelaskan pengertian dan fungsi al-Quran 3.1.2 Menjelaskan pengertian dan fungsi Hadits 3.1.3 Membedakan fungsi al-quran dan Hadis | |
4.1 Mempraktikkan cara hidup yang sesuai dengan Al Qur’an dan hadis. | 4.1.1 Menjelaskan cara memfungsikan al-Quran dan Hadis dalam kehidupan 4.1.2 Menjelaskan cara menyayangi al-Quran dan Hadis 4.1.3 Menjelaskan ciri sikap orang yang menyayangi al-Quran dan Hadis |
Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan diharapkan akseptor didik bisa menjelaskan pengertian dan fungsi al-Quran dan Hadis, membedakan fungsi keduanya dalam kehidupan, cara mencintainya dan juga bisa menjelaskan sikap seseorang yang menyayangi al-Quran dan Hadis Dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta mempunyai sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta bisa berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi Pembelajaran
1. Pengertian dan fungsi al-Quran dan Hadis
2. Cara memfungsikan al-Quran dan hadis
3. Cara menyayangi al-Quran dan Hadis
4. Ciri-ciri sikap orang yang menyayangi al-Quran dan Hadis
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar:
1. Al-Quran dan Terjemahnya
2. Buku Guru dan buku Siswa Mata pelajaran Qur’an Hadits MTs. Kls VII
3. Internet
4. Buku-buku lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
3. Metode : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
1. Al-Quran dan Terjemahnya
2. Buku Guru dan buku Siswa Mata pelajaran Qur’an Hadits MTs. Kls VII
3. Internet
4. Buku-buku lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit ) | Waktu | |||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran (PPK Religius) v Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali acara pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. (Berpikir Kritis) Motivasi v Memberikan citra ihwal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: ® Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat insan v v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. v Memberitahukan ihwal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung (Literasi dan Komunikatif) v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 10 menit | |||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan Inti
| 60 menit | |||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan Penutup Peserta didik :
Guru :
| 10 menit |
2 . Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40 menit ) | Waktu | ||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran (PPK Religius) v Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali acara pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, ® Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat manusia v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. (Berpikir Kritis) Motivasi v Memberikan citra ihwal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: ® Pengertian al-Quran dan Hadis v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. v Memberitahukan ihwal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung (Literasi dan Komunikatif) v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 10 menit | ||||||||||||
Kegiatan Inti
| 60 menit | ||||||||||||
Kegiatan Penutup Peserta didik :
Guru :
| 10 menit |
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
- Pilihan ganda
- Uraian/esai
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
- Pilihan ganda
- Uraian/esai
2) Tes Lisan
· Tes mulut pemaparan materi dari pemahaman siswa.
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
· Mempelajari buku teks dan sumber lain ihwal materi pokok
· Menyimak tayangan/demo ihwal materi pokok
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
· Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
………, 17 Juli 2017
Mengetahui
Kepala MTs Guru Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Catatan Kepala Sekolah
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
· Tes mulut pemaparan materi dari pemahaman siswa.
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
· Mempelajari buku teks dan sumber lain ihwal materi pokok
· Menyimak tayangan/demo ihwal materi pokok
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
· Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
- Remidial sanggup diberikan kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM maupun kepada akseptor didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua kepingan : remedial alasannya yaitu belum mencapai KKM dan remedial alasannya yaitu belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan menunjukkan kiprah bagi akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), contohnya sebagai berikut.
b. Pengayaan
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan akseptor didik mengenai materi pembelajaran yang sanggup diberikan kepada akseptor didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai akad dengan akseptor didik.
- Direncanakan menurut IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
………, 17 Juli 2017
Mengetahui
Kepala MTs Guru Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Catatan Kepala Sekolah
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Untuk mendapatkan RPP al-Quran hadis Bab 1 (satu) semester ganjil kelas VII MTs full lima pertemuan dalam versi file silahkan klik halaman ini.