Untuk para rekan guru Bimbingan Konseling (BK) yang belum punya atau belum menyusun alasannya ialah kesibukan dan kegiatannya berikut ini saya sharing perihal silabus, agenda tahunan dan RPL BK untuk tingkat Sekolah Menengan Atas kelas 10,11 dan 12 edisi terbaru Revisi 2017
I. PERSIAPAN
No | KEGIATAN | TUJUAN KEGIATAN | URAIAN KEGIATAN | WAKTU | KETERANGAN |
1 | Penyusunan Program BK | Perencanaan aktivitas pelayanan BK selama 1 tahun. | Membuat agenda Tahunan, Semesteran, Bulanan, Mingguan dan Harian. | Raker Sekolah | Tim BK |
2 | Penyusunan Silabus dan Satlan | Kegiatan agenda pelayanan BK Klasikal | Menyusun materi pelayanan BK Klasikal, aktivitas dan penilaiannya. | Minggu efektif | Modul BK |
3 | Konsultasi Program BK | Diketahui dan disetujui kepala sekolah. | Program BK tersusun menurut tindak lanjut dari agenda BK sebelumnya. | Raker sekolah | Menjadi bab dari agenda sekolah |
4 | Pengadaan Sarana dan Prasarana BK | Melancarkan pelaksanaan agenda BK. | Daftar kebutuhan Sarana dan prasarana BK | Raker sekolah | Layanan BK menjadi efektif . |
II. PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING
KEGIATAN | URAIAN KEGIATAN | WAKTU | KETERANGAN |
JENIS LAYANAN BK : | |||
1. Layanan Orientasi | - Menetapkan objek dan jenis aktivitas orientasi. - Menyiapkan akomodasi orientasi. | Awal tahun ajaran/MOPD | Panitia PPDB |
2. Layanan Informasi | - Menetapkan materi informasi. - Menetapkan nara sumber. - Menentukan aktivitas Layanan Informasi. | Minggu efektif | |
3. Layanan Penempatan dan Penyaluran | - Identifikasi setiap penerima didik. - Kolaborasi dengan wali kelas untuk penempatan duduk penerima didik di kelas. Menentukan BK Sebaya - Kolaborasi dengan guru mapel untuk mencar ilmu kelompok. Menentukan Tutor Sebaya. - Kolaborasi dengan kesiswaan untuk aktivitas OSIS - Kolaborasi dengan guru ekskul untuk memilih pilihan ekskul. | - Awal tahun. - Semester kedua. | Selalu ada penyegaran dan variasi di kelas. |
4. Layanan Penguasaan Konten | - Diagnosis kesulitan mencar ilmu penerima didik. - Nilai raport penerima didik, Leger Kelas dan Grafik Prestasi Belajar Kelas - Menetapkan penerima didik yang akan dilayani sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan belajarnya. - Melaksanakan layanan individu atau kelompok. | Minggu Efektif | - Nilai Raport tiap semester. - 10 siswa teratas. - 10 siswa terbawah. |
5. Layanan Konseling Perorangan | - Mengidentifikasi klien. - Mengatur pertemuan untuk mendapatkan klien - Membahas problem klien dengan memakai teknik-teknik umum proses konseling. - Mendorong pengentasan problem klien dengan menerapkan teknik-teknik khusus konseling perorangan. - Memantapkan komitmen klien dalam pengentasan masalahnya. | Minggu Efektif | Perlunya ruang BK yang nyaman. |
6. Layanan Bimbingan Kelompok | - Menyiapkan topik yang akan dibahas. - Membentuk kelompok dan menyusun agenda kegiatan. - Menetapkan akomodasi layanan - Menyelenggarakan Layanan Bimbingan Kelompok sesuai dengan tahap-tahap pelaksanaan : a. Pembentukan b. Peralihan c. Kegiatan d. Pengakhiran | Minggu Efektif | Perlunya ruang BK yang nyaman. |
7. Layanan Konseling Kelompok | - Mengidentifikasi klien dan meyakinkan klien perihal perlunya problem dibawa ke dalam konseling kelompok. - Menempatkan klien dalam kelompok. - Menyusun jadwal. - Menetapkan akomodasi layanan. - Menyelenggarakan Layanan Bimbingan Kelompok sesuai dengan tahap-tahap pelaksanaan : a. Pembentukan b. Peralihan c. Kegiatan d. Pengakhiran | Minggu Efektif | Komitmen menjaga diam-diam teman. |
8. Layanan Konsultasi | - Mengidentifikasi klien. - Mengatur pertemuan. - Menyelenggarakan penstrukturan konsultasi. - Membahas problem klien dengan pihak ketiga. - Mendorong klien untuk : a. Mampu menangani problem dengan pihak ketiga. b. Memanfaatkan sumber-sumber yang ada. - Membina komitmen klien untuk menangani problem dengan pihak ketiga. | Minggu Efektif | |
9. Layanan Mediasi | - Mengidentifikasi problem yang dialami 2 pihak yang bertikai. - Meyakinkan kedua pihak pentingnya perdamaian dan penyelesaian problem diantara keduanya. - Mengatur pertemuan. - Melaksanakan pertemuan mediasi : a. Menyelenggarakan penstrukturan Layanan Mediasi. b. Membahas aspirasi kedua pihak. c. Mengembangkan perilaku saling memberi dan mendapatkan diantara kedua pihak. - Menempa komitmen diantara kedua pihak. - Membina komitmen kedua pihak untuk mempertahankan/melaksanakan kesepakatan. | Minggu Efektif | Adil dan tegas. |
10. Layanan Advokasi | - Mengidentifikasi klien dan meyakinkan klien perihal perlunya permasalah dibawa ke jalur hukum. - Menghubungi lembaga/ahli aturan yang berwenang dan pihak yang terkait dengan klien untuk memilih waktu dan daerah pertemuan. - Mengadakan pertemuan Advokasi : a. Menyelenggarakan penstrukturan Layanan Advokasi. b. Membahas hak klien untuk diperhatikan dan diperlakuan dengan selayaknya. c. Mengembangkan pemahaman akan hak asasi manusia. - Membina komitmen secara aturan dengan pihak terkait supaya klien mempunyai kebebasan menyebarkan potensinya. | Minggu Efektif | |
KEGIATAN PENDUKUNG BK : | |||
1. Aplikasi Instrumen | - Menetapkan instrumen sesuai dengan obyek yang akan diukur dan subyek yang akan mengalami pengukuran/pengungkapan. - Mengkomunikasikan planning pelaksanaan instrumentasi kepada pihak terkait. - Menetapkan mekanisme pengukuran/pengungkapan. - Menetapkan fasilitas. - Menyelenggarakan aktivitas Aplikasi Instrumentasi. | - Awal tahun ajaran. - Minggu Efektif | Asesmen |
2. Himpunan Data | - Menetapkan pembagian terstruktur mengenai jenis dan sumber Himpunan Data dan menata akomodasi penyelenggaraannya. - Menetapkan mekanisme pengisian, pemeliharaan dan penggunaan Himpunan Data. - Memanfaatkan Himpunan Data untuk aneka macam jenis layan | - Awal tahun - Selalu di up date. | |
3. Konferensi Kasus | - Menetapkan masalah dan meyakinkan klien bahwa permasalahannya perlu dibicarakan dalam Konferensi Kasus. - Menetapkan peserta, mengkomunikasikan waktu dan daerah Konferensi Kasus. - Menyiapkan materi materi dan akomodasi penyelenggaraan Konferensi Kasus. - Menyelenggrakan Konferensi Kasus yang meliputi : a. Membuka pertemuan b. Menegaskan asas kerahasiaan c. Meminta komitmen penerima untuk penanganan kasus. d. Membahas kasus. e. Menegaskan dan melakukan peranan masing-masing penerima dalam penanganan kasus. f. Menyimpulkan hasil pembahasan dan menutup pertemuan. | Berdasarkan masalah yang ada. | |
4. Kunjungan Rumah | - Menetapkan masalah dan meyakinkan klien pentingnya Kunjungan Rumah. - Mengkomunikasikan planning Kunjungan Rumah kepada pihak terkait. - Menyiapkan info pokok yang akan dikomunikasikan pada keluarga, data yang perlu diungkap dan peranan anggota keluarga terhadap klien. - Melakukan Kunjungan Rumah : a. Bertemu orang tua/wali dan anggota keluarga. b. Membahas permasalahan klien. c. Melengkapi data. d. Mengembangkan komitmen orang tua/wali dan anggota keluarga. e. Merekam dan menyimpulkan hasil pembahasan. | Minggu Efektif | Kolaborasi dengan Wali Kelas. |
5. Tampilan Kepustakaan. | - Menetapkan klien dan permasalahannya yang memerlukan info kepustakaan. - Menghubungi petugas perpustakaan untuk meminta tumpuan buku yang diperlukan. - Mengadakan pertemuan dengan klien untuk membahas permasalahan dengan mengaitkan pada materi kepustakaan yang ada sehingga solusi didapatkan. - Klien tetapkan daftar kepustakaan yang akan dibaca sebagai solusi dari permasalahannya. | Minggu Efektif | BK Corner |
6. Alih Tangan kasus | - Menetapkan kasus dan meyakinkan klien pentingnya Alih Tangan Kasus. - Menghubungi lembaga/ahli yang berwenang menangani problem klien untuk memilih waktunya. - Menyiapkan materi yang akan disertakan dalam Alih Tangan Kasus. - Mengirim klien kepada lembaga/ahli yang berwenang. | Berdasarkan masalah yang ada. | Format kerjasama |
FORMAT LAYANAN | |||
1. Individual | - Pembagian kiprah guru BK/Konselor untuk memilih penerima didik layanan. - Mendalami penerima didik yang dilayani menurut Aplikasi Instrumentasi dan Himpunan Data. - Membuat daftar konseli. - Menyusun agenda konseling individual menurut urutan permasalahan. | ||
2. Kelompok | - Membuat peta bimbingan kelompok dan konseling kelompok tiap semester. - Membentuk kelompok pada tiap kelas dan menginformasikannya kepada seluruh penerima didik. - Menentukan materi aktivitas kelompok. - Melaksanakan aktivitas kelompok dengan dinamika kelompok. | ||
3. Klasikal | - Kolaborasi dengan staf kurikulum untuk memilih agenda BK pada agenda pelajaran sesuai dengan kelas yang dilayaninya yaitu 2 JP/minggu. - Menyusun Silabus dan Satuan Layanan Klasikal. - Mengadakan aktivitas BK Klasikal dengan Modul BK dan Media BK. - Menyiapkan kelengkapan administrasi. | ||
4. Lapangan | - Kegiatan di luar kelas pada jam BK klasikal, gunakan materi ’game’ dari Modul BK. - Mengakfifkan penerima didik dengan menciptakan majalah dinding yang menarik di depan ruang BK | ||
5. Pendekatan Khusus/Kolaboratif | - Identifikasi penerima didik yang memerlukan Perhatian Khusus (PK). - Adakan pendekatan kepada penerima didik bahwa permasalahannya memerlukan kerja sama dengan pihak tertentu. - Hubungi pihak yang akan membantu permasalahan penerima didik. - Menentukan agenda dan daerah pertemuan. | ||
6. Jarak Jauh. | - Menyediakan BK Corner. - Mendata nomor telpon, nomor HP dan jejaring sosial penerima didik dan orang tua/wali. - Menginformasikan nomor HP khusus BK/jejaring sosial supaya kapan saja sanggup dihubungi. |
III. EVALUASI
NO | KEGIATAN | TUJUAN KEGIATAN | URAIAN KEGIATAN | WAKTU | KETERANGAN |
1 | LAPORAN BK | Bukti pelaksanaankegiatan pelayanan BK dan dasar penilaian aktivitas BK berikutnya | Guru BK menciptakan laporan pelayanan BK bulanan, semester dan selesai tahun kepada kepala sekolah | Juli - Juni | Format Laporan |
2 | Evaluasi, Analisa & Tindak Lanjut | Untuk melihat pencapaian aspek dan kiprah perkembangan dari penerima didik dalam satu tahun | Tim BK mendiskusikan pelaksanaan agenda BK : faktor pendukung dan faktor penghambat yang ada. | Akhir Tahun | Format Laporan |
Mengetahui, .............................., Juli 2017
Kepala SMA Negeri ............... Guru BK Kelas X
.................................... ...............................................
NIP. NIP. –
Untuk mendapatkan Jadwal Kegiatan Program Bimbingan Dan Konseling, Pogram Bimbingan Dan Konseling, Program Bk Klasikal, Jadwal Kegiatan Bk Klasikal dan Silabus BK Klasikal full silahkan kunjungi halaman ini. Bagi yang membutuhkan perangkat Rencana Pelaksanaan Pelayanan Satuan Layanan Klasikal (BK) kelas X,XI,dan XII lengkap silahkan klik disini.
Demikian yang sanggup saya berikan untuk perangkat Bimbingan Konseling (BK) Sekolah Menengan Atas agar sanggup memberi manfaat. terima kasih