Pelaksanaan pembelajaran di SD/MI dilakukan dengan pendekatan pembelajaran tematik-terpadu kecuali untuk mata pelajaran Matematika dan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri untuk kelas IV, V, dan VI. Silabus Tematik Terpadu SD/MI disusun terpisah dengan dokumen ini sebagai pola dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan di sekolah. Dengan demikian, bagi guru yang ingin menyusun sendiri pembelajaran tematik terpadu, sanggup memakai dokumen Silabus Mata Pelajaran Matematika SD/MI ini dan silabus mata pelajaran lainnya di SD sebagai acuan
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak eksklusif (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi perilaku dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam membuatkan abjad siswa lebih lanjut.
Berikut ini merupakan Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan Mata Pelajaran Matematika kelas II SD/MI revisi 2017.
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran |
Siswa mampu: 3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah dan memilih lambangnya menurut nilai kawasan dengan memakai model kasatmata serta cara membacanya 4.1 Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya menurut nilai kawasan dengan memakai model kasatmata | Lambang bilangan dan nilai tempat | · Menuliskan banyak sekali bentuk bilangan hingga 999 · Menentukan suatu bilangan yang sudah diketahui nilai tempatnya. · Mengidentifikasi nilai tempat pada suatu bilangan tertentu · Menyajikan dan melaporkan hasil membentuk bilangan menurut ciri nilai-nilai tempatnya · Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan lambang bilangan dan nilai tempat |
Siswa mampu: 3.2 Membandingkan dua bilangan cacah 4.2 Mengurutkan bilangan-bilangan dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya | Membandingkan dan mengurutkan bilangan · Menentukan lebih kecil, lebih besar, atau sama dengan (<,>,= ) · Mengurutkan bilangan dari yang terkecil ke terbesar atau sebaliknya. | · Menentukan benda yang paling banyak atau paling sedikit · Membandingkan dan mengurutkan gambar sekumpulan benda-benda bedasarkan jumlahnya · Mengurutkan beberapa bilangan hingga tiga angka · Membuat urutan bilangan dari yang terbesar ke terkecil jika diberikan urutan bilangan dari terkecil ke terbesar · Mempresentasikan, mendemonstrasikan, atau memperagakan cara membentuk bilangan dan mengurutkan bilangan dari sejumlah bilangan yang diberikan · Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan membandingkan dan mengurutkan bilangan |
Siswa mampu: 3.3 Menjelaskan dan melaksanakan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah hingga dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan 4.3 Menyelesaikan persoalan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah hingga dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan | Penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah · Penjumlahan bentuk panjang · Penjumlahan bersusun ke bawah · Pengurangan bentuk panjang · Pengurangan bersusun ke bawah · Penjumlahan dengan menyimpan · Pengurangan dengan teknik meminjam | · Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan dengan memakai simbol +, -, atau = dalam pengerjaan hitung bilangan. · Menjumlah dua bilangan tanpa teknik menyimpan · Menyusun banyak sekali pasangan bilangan pada penjumlahan dua bilangan yang diketahui jumlahnya tertentu · Mengubah kalimat penjumlahan ke bentuk pengurangan atau sebaliknya · Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengurangan bilangan cacah hingga dengan 999 · Menyajikan penyelesaian persoalan yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan bundar hingga dengan 999 |
Siswa mampu: 3.4 Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali hingga dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian 4.4 Menyelesaikan persoalan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali hingga dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian | Perkalian dan pembagian bilangan cacah | · Mengamati operasi penjumlahan berulang · Menyimpulkan bahwa perkalian sebagai penjumlahan berulang · Membuat contoh penjumlahan berulang dan menggantikannya menjadi operasi perkalian · Menyelesaikan soal dongeng yang memakai tokoh dan isi dongeng yang bekerjasama dengan perkalian · Mengamati operasi pengurangan berulang · Menyimpulkan pembagian sebagai pengurangan berulang. · Mengerjakan soal yang bekerjasama dengan persoalan sehari-hari yang melibatkan perkalian dan pembagian · Menyelesaikan soal dongeng yang terkait dengan perkalian atau pembagian ke dalam bentuk gambar/diagram · Menyajikan hasil penyelesaian persoalan yang berkaitan dengan perkalian dan pembagian |
Siswa mampu: 3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang 4.5 Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan banyak sekali kesetaraan pecahan mata uang | Uang: · Uang kertas · Uang logam | · Mengenal uang logam dan uang kertas · Mengenal jenis pecahan uang yang biasa dipakai sehari-hari ibarat pecahan 50, 100, 500, 1000, 5000, dan 10000 rupiah · Mendemonstrasikan secara mulut dan goresan pena cara mengurutkan banyak sekali nilai mata uang · Mendemonstrasikan secara mulut dan goresan pena cara memilih kesetaraan banyak sekali pecahan mata uang · Menyelesaikan soal dongeng penggunaan uang ke dalam bentuk gambar/diagram · Mendemonstrasikan penggunaan uang dalam bentuk bermain tugas sebagai penjual dan pembeli |
Siswa mampu: 3.6 Menjelaskan dan memilih panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari 4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari | Satuan baku: · Panjang · Berat · Waktu | · Mengamati banyak sekali alat ukur sehari-hari (penggaris, meteran, roll meter) untuk memilih panjang benda dari lingkungan sekitar · Mengamati banyak sekali alat ukur sehari-hari (neraca, timbangan, timbangan duduk/gantung) untuk memilih berat benda dari lingkungan sekitar · Mengamati demontrasi mengukur usang suatu acara dengan memakai alat ukur waktu (stopwatch, jam analog/digital) · Menyajikan penyelesaian persoalan yang terkait dengan panjang, berat, dan waktu dalam satuan baku, · Menyelesaikan soal dongeng penggunaan alat ukur dan satuan pengukuran panjang, berat dan waktu ke dalam bentuk gambar/diagram |
Siswa mampu: 3.7 Menjelaskan pecahan 1/2, 1/3 , dan 1/4 memakai benda-benda kasatmata dalam kehidupan sehari-hari 4.7 Menyajikan pecahan 1/2, 1/3 , dan 1/4 yang bersesuaian dengan bab dari keseluruhan suatu benda kasatmata dalam kehidupan sehari-hari | Pecahan sederhana: | · Mengamati banyak sekali benda (kue, buah, atau bidang dua dimensi) yang dipotong menjadi beberapa bab yang sama · Menggabungkan potongan-potongan benda yang berbentuk dan berukuran sama menjadi satu benda yang utuh · Menyatakan nilai pecahan ”setengah”, ”sepertiga”, dan ”seperempat” ke dalam banyak sekali bentuk gambar dan sebaliknya · Menentukan dan menuliskan letak pecahan setengah, sepertiga, dan seperempat pada garis bilangan · Menyelesaikan soal dongeng yang bekerjasama dengan pecahan sederhana |
Siswa mampu: 3.8 Menjelaskan ruas garis dengan memakai model kasatmata bangkit datar dan bangkit ruang 4.8 Mengidentifikasi ruas garis dengan memakai model kasatmata bangkit datar dan bangkit ruang | Ruas garis | · Mengidentifikasi ruas garis dalam ruangan kelas atau benda-benda ruang yang ada di sekitarnya · Menarik garis dari dua titik pada bangun datar dan bangkit ruang · Mengidentifikasi ruas garis pada bangkit datar dan bangkit ruang (diagonal sisi, diagonal ruang, dan ruas garis lainnya) · Menentukan nama ruas garis-ruas garis pada bangkit datar dan bangkit ruang · Menyelesaikan soal dongeng yang berkaitan dengan ruas garis pada bangkit datar dan bangkit ruang sederhana |
Siswa mampu: 3.9 Menjelaskan bangkit datar dan bangkit ruang menurut ciri-cirinya 4.9 Mengklasifikasi bangkit datar dan bangkit ruang menurut ciri-cirinya | Bangun datar, bangkit ruang sederhana, dan ciri-cirinya | · Menggambar atau membentuk banyak sekali bangkit datar sederhana memakai karet/benang dan papan berpaku · Menunjukkan bab unsur-unsur yang membentuk segitiga, segiempat, segilima, dan segienam beraturan (sisi, sudut) · Menyebutkan banyak sisi dan sudut bangkit datar · Mengelompokkan sekumpulan bangkit datar menurut ciri-cirinya · Menunjukkan unsur-unsur pembentuk bangkit ruang (rusuk,sisi, sudut) · Menyebutkan banyak rusuk,sisi, dan sudut yang terdapat pada bangkit ruang sederhana · Mengelompokkan sekumpulan bangkit ruang menurut ciri-cirinya · Mengidentifikasi suatu bangkit datar atau bangkit ruang menurut ciri-cirinya · Menyelesaikan soal dongeng yang terkait dengan bangkit datar dan bangkit ruang beserta ciri-cirinya |
Siswa mampu: 3.10 Menjelaskan pola barisan bangkit datar dan bangkit ruang memakai gambar atau benda kasatmata 4.10 Memprediksi pola barisan bangkit datar dan bangkit ruang memakai gambar atau benda kasatmata | Pola barisan bangkit datar dan bangkit ruang | · Mengamati pola barisan bangkit datar dan bangkit ruang · Menemukan banyak sekali pola yang mungkin dari sekumpulan atau barisan bangkit datar dan bangkit ruang · Membuat banyak sekali bentuk barisan yang sanggup dibuat dari sekumpulan bangkit datar dan bangkit ruang · Membuat pola gres menurut pola yang sudah ada dari sekumpulan bangkit datar dan bangkit ruang · Menggunakan konsep pola barisan bangkit datar dan bangkit ruang dalam menuntaskan masalah |
Untuk mendapat Silabus matematika kelas II SD/MI full untuk satu tahun dua semester versi file silahkan klik halaman ini.