Pemetaan Tematik kelas 3 SD/MI |
Dalam rangka menyambut Tahun pelajaran gres 2018/2019 kali ini saya akan membagikan mengenai Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Tematik Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017.
Kegiatan pemetaan ini dilakukan untuk memperoleh citra secara menyeluruh dan utuh semua standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator dari aneka macam mata pelajaran yang dipadukan dalam tema yang dipilih. Kegiatan yang dilakukan yaitu :
1. Penjabaran Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar ke dalam indikator
Melakukan aktivitas pembagian terstruktur mengenai standar kompetensi dan kompetensi dasar dari setiap mata pelajaran ke dalam indikator. Dalam menyebarkan indikator perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
a. cara penentuan tema
Dalam memutuskan tema perlu memperhatikan beberapa prinsip yaitu:
Lakukan identifikasi dan analisis untuk setiap Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan indikator yang cocok untuk setiap tema sehingga semua standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator terbagi habis.
a. Menetapkan Jaringan Tema
Buatlah jaringan tema yaitu menghubungkan kompetensi dasar dan indikator dengan tema pemersatu. Dengan jaringan tema tersebut akan terlihat kaitan antara tema, kompetensi dasar dan indikator dari setiap mata pelajaran. Jaringan tema ini sanggup dikembangkan sesuai dengan alokasi waktu setiap tema.
b. Penyusunan Silabus
Hasil seluruh proses yang telah dilakukan pada tahap-tahap sebelumnya dijadikan dasar dalam penyusunan silabus. Komponen silabus terdiri dari standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, pengalaman belajar, alat/sumber, dan penilaian.
c. Penyusunan Rencana Pembelajaran (RPP)
Untuk keperluan pelaksanaan pembelajaran guru perlu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran. Rencana pembelajaran ini merupakan realisasi dari pengalaman berguru siswa yang telah ditetapkan dalam silabus pembelajaran. Komponen rencana pembelajaran tematik meliputi:
Kegiatan pemetaan ini dilakukan untuk memperoleh citra secara menyeluruh dan utuh semua standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator dari aneka macam mata pelajaran yang dipadukan dalam tema yang dipilih. Kegiatan yang dilakukan yaitu :
1. Penjabaran Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar ke dalam indikator
Melakukan aktivitas pembagian terstruktur mengenai standar kompetensi dan kompetensi dasar dari setiap mata pelajaran ke dalam indikator. Dalam menyebarkan indikator perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
- Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik penerima didik
- Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran
- Dirumuskan dalam kata kerja oprasional yang terukur dan/atau sanggup diamati
a. cara penentuan tema
- Dalam memilih tema sanggup dilakukan dengan dua cara yakni:Cara pertama, mempelajari standar kompetensi dan kompetensi dasar yang terdapat dalam masing-masing mata pelajaran, dilanjutkan dengan memilih tema yang sesuai.
- Cara kedua, memutuskan terlebih dahulu tema-tema pengikat keterpaduan, untuk memilih tema tersebut, guru sanggup berhubungan dengan penerima didik sehingga sesuai dengan minat dan kebutuhan anak.
Dalam memutuskan tema perlu memperhatikan beberapa prinsip yaitu:
- Memperhatikan lingkungan yang terdekat dengan siswa:
- Dari yang termudah menuju yang sulit
- Dari yang sederhana menuju yang kompleks
- Dari yang nyata menuju ke yang abstrak.
- Tema yang dipilih harus memungkinkan terjadinya proses berpikir pada diri siswa
- Ruang lingkup tema diubahsuaikan dengan usia dan perkembangan siswa, termasuk minat, kebutuhan, dan kemampuannya
Lakukan identifikasi dan analisis untuk setiap Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan indikator yang cocok untuk setiap tema sehingga semua standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator terbagi habis.
a. Menetapkan Jaringan Tema
Buatlah jaringan tema yaitu menghubungkan kompetensi dasar dan indikator dengan tema pemersatu. Dengan jaringan tema tersebut akan terlihat kaitan antara tema, kompetensi dasar dan indikator dari setiap mata pelajaran. Jaringan tema ini sanggup dikembangkan sesuai dengan alokasi waktu setiap tema.
b. Penyusunan Silabus
Hasil seluruh proses yang telah dilakukan pada tahap-tahap sebelumnya dijadikan dasar dalam penyusunan silabus. Komponen silabus terdiri dari standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, pengalaman belajar, alat/sumber, dan penilaian.
c. Penyusunan Rencana Pembelajaran (RPP)
Untuk keperluan pelaksanaan pembelajaran guru perlu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran. Rencana pembelajaran ini merupakan realisasi dari pengalaman berguru siswa yang telah ditetapkan dalam silabus pembelajaran. Komponen rencana pembelajaran tematik meliputi:
- Identitas mata pelajaran (nama mata pelajaran yang akan dipadukan, kelas, semester, dan waktu/banyaknya jam pertemuan yang dialokasikan).
- Kompetensi dasar dan indikator yang akan dilaksanakan.
- Materi pokok beserta uraiannya yang perlu dipelajari siswa dalam rangka mencapai kompetensi dasar dan indikator.
- Strategi pembelajaran (kegiatan pembelajaran secara nyata yang harus dilakukan siswa dalam berinteraksi dengan materi pembelajaran dan sumber berguru untuk menguasai kompetensi dasar dan indikator, aktivitas ini tertuang dalam aktivitas pembukaan, inti dan penutup).
- Alat dan media yang dipakai untuk memperlancar pencapaian kompetensi dasar, serta sumber materi yang dipakai dalam aktivitas pembelajaran tematik sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai.
- Penilaian dan tindak lanjut (prosedur dan instrumen yang akan dipakai untuk menilai pencapaian berguru penerima didik serta tindak lanjut hasil penilaian).