RPP IPA kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Revisi 2017 |
Dalam rangka menyambut tahun pelajaran gres 2018/2019 berikut ini saya bagikan Rencana pelaksanaan Pembelajaran mata pelajarn Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas 7 SMP/MTs kurikulum 2013 revisi 2017 untuk tahun pelajaran 2018/2019 terbaru.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMPN/S
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Materi Pokok : Objek IPA dan Pengamatannya
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 15 JP (6 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang / teori
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang / teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) Keterampilan | |
3.1 Menerapkan konsep pengukuran banyak sekali besaran yang ada pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar serta pentingnya penggunaan satuan standar (baku) dalam pengukuran. | 4.1 Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan memakai satuan tak baku dan satuan baku |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) Pengetahuan | Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) Keterampilan |
3.1.1 Menjelaskan 3 keterampilan proses penyelidikan IPA 3.1.2 Menjelaskan Kegunaan mempelajari IPA 3.1.3 Meyebutkan objek yang di pelajari IPA 3.1.4 Menjelaskan pengertian pengukuran 3.1.5 Menyebutkan hal yang sanggup di ukur (bukan besaran 3.1.6 Membandingkan satuan baku dan tidak baku 3.1.7 Memahami kegunaan satuan baku dalam pengukuran 3.1.8 Mengkonversi satuan dalam SI (Sistem Internasional) 3.1.9 Menjelaskan pengertian besaran pokok 3.1.10 Menyebutkan macam-macam besaran pokok beserta satuanya 3.1.11 Menjelaskan pengertian besaran turunan 3.1.12 Menyebutkan macam-macam besaran turunan beserta satuanya | 4.1.1 Menyajikan hasil pengatamatan, inferensi, dan mengkomunikasikan hasil 4.1.2 Melakukan pengukuran dengan satuan baku 4.1.3 Melakukan pengukuran besaran-besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari 4.1.4 Melakukan pengukuran besaran-besaran turunan sederhana yang sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari |
C. Tujuan Pembelajaran:
Selama dan sehabis mengikuti proses pembelajaran ini penerima didik diharapkan dapat:
· Menjelaskan tiga komponen keterampilan proses/metode ilmiah penyelidikan IPA (pengamatan, inferensi, dan komunikasi) menurut kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan.
· Menjelaskan kegunaan mempelajari IPA.
· Menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA.
· Dapat menjelaskan pengertian pengukuran.
· Menyebutkan hal yang sanggup diukur (besaran) dan tidak sanggup diukur (bukan besaran).
· Membandingkan satuan baku dan tidak baku.
· Memahami kegunaan satuan baku dalam pengukuran.
· Mengkonversi satuan dalam SI (Sistem Internasional).
· Menjelaskan pengertian besaran pokok.
· Menyebutkan macam-macam besaran pokok beserta satuannya.
· Menjelaskan pengertian besaran turunan.
· Menyebutkan macam-macam besaran turunan beserta satuannya.
· Menyajikan hasil pengamatan, inferensi, dan mengomunikasikan hasil melalui kegiatan “Mengamati Temanmu” dan “Kerja dalam IPA”.
· Melakukan pengukuran dengan satuan tidak baku.
· Melakukan pengukuran besaran-besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
· Melakukan pengukuran besaran-besaran turunan sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
Dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta mempunyai perilaku responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan berhubungan dengan baik
D. Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran regular
Ø Fakta
· Objek yang dipelajari dalam IPA mencakup seluruh benda di alam dengan segala interaksinya untuk dipelajari pola-pola keteraturannya.
· Manfaat mempelajari IPA dalam kehidupan
Ø Konsep
· Pengukuran
· Besaran dan satuan
· Besaran pokok
· Besaran turunan
Ø Prinsip
· Metode ilmiah
· Satuan baku
Ø Prosedur
· Melakukan pengamatan objek IPA dengan memakai metode ilmiah
· Melakukan konversi dalam satuan SI
2. Materi pembelajaran remedial
· Besaran pokok dan turunan
3. Materi pembelajaran pengayaan
· Satuan baku dan tidak baku
E. Metode Pembelajaran:
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi dan Penugasan
F. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat:
a. Media LCD projector,
b. Laptop,
c. Speaker aktif
d. Bahan Tayang
2. Bahan:
a. Kertas Saring
b. Gelas Beaker
c. Spidol Hitam
d. Air Mineral
e. Kertas milimeter block
f. Penjepit
g. Pensil
3. SumberBelajar:
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Sumber lain yang relevan
G. Langkah-langkahPembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 3 x 40 menit ) | Waktu | ||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi (Menunjukkan perilaku disiplin sebelum memulai proses pembelajaran, menghayati dan mengamalkan aliran agama yang dianut (Karakter) serta membiasakan membaca dan memaknai (Literasi). v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran (PPK:Religius) v Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai perilaku disiplin (PPK: Disiplin) v Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya. v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka penerima didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: § Penyelidikan IPA - Metode Ilmiah dalam Penyelidikan IPA - Kegunaan Mempelajari IPA - Objek yang Di pelajari dalam IPA v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu. v Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung (Literasi dan Komunikatif) v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 15 menit | ||||||||||||||
Kegiatan Inti
| 90 menit | ||||||||||||||
Kegiatan Penutup Peserta didik :
Guru :
| 15 menit |
Pertemuan ke dua hingga ke enam silahkan klik disini
H. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
© Tes mulut pemaparan materi dari pemahaman siswa.
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
© Mempelajari buku teks dan sumber lain perihal materi pokok
© Menyimak tayangan/demo perihal materi pokok
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
a. Pertemuan Pertama (Terlampir)
b. Pertemuan Kedua (Terlampir)
c. Pertemuan Ketiga (Terlampir)
d. Pertemuan Keempat (Terlampir)
e. Pertemuan Kelima (Terlampir)
f. Pertemuan Keenam (Terlampir)
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
v Remidial sanggup diberikan kepada penerima didik yang belum mencapai KKM maupun kepada penerima didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bab : remedial alasannya ialah belum mencapai KKM dan remedial alasannya ialah belum mencapai Kompetensi Dasar
v Guru memberi semangat kepada penerima didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memperlihatkan kiprah bagi penerima didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), contohnya sebagai berikut.
© Besaran pokok dan turunan
b. Pengayaan
v Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan penerima didik mengenai materi pembelajaran yang sanggup diberikan kepada penerima didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai akad dengan penerima didik.
v Direncanakan menurut IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas contohnya
© Satuan baku dan tidak baku
……………, 16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala SMPN/S Guru Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.