Memahami aksara siswa satu persatu bukan kasus mudah, diharapkan beberapa tahap penilaian yang disusun kedalam RPP K13 Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama kelas 7 setiap tatap muka gres akan terlihat perbedaan mana siswa yang berpotensi dan mana yang kurang. Akan tetapi pengajar memiliki beberapa tantangan dalam pelaksanaan acara berguru yakni, materi kurikulum 2013 yang berubah-rubah serta honor guru honorer yang belum sepadan dengan kinerja mereka, menjadi hambatan guru untuk membuatkan kreasi mengajar.
Seharusnya sumbangan sertifikasi untuk tenaga honorer prosesnya dipermudah, hal tersebut akan memotivasi mengajar di kelas. Dengan adanya itu akan mengacu pada perkembangan kreatifitas pengajar dalam memberikan materi memakai peralatan sekolah yang sudah diberikan oleh pemerintah, yaitu berupa alat mengajar media pembelajaran kurikulum 2013. Penyusunan materi mengajar dalam RPP K13 B Indo Kelas VII Sekolah Menengah Pertama semester 1 dan 2 tetap harus mengacu pada kompetensi serta mengadakan analis keterkaitan KI dan KD sehingga tercapai SKL.
Seharusnya sumbangan sertifikasi untuk tenaga honorer prosesnya dipermudah, hal tersebut akan memotivasi mengajar di kelas. Dengan adanya itu akan mengacu pada perkembangan kreatifitas pengajar dalam memberikan materi memakai peralatan sekolah yang sudah diberikan oleh pemerintah, yaitu berupa alat mengajar media pembelajaran kurikulum 2013. Penyusunan materi mengajar dalam RPP K13 B Indo Kelas VII Sekolah Menengah Pertama semester 1 dan 2 tetap harus mengacu pada kompetensi serta mengadakan analis keterkaitan KI dan KD sehingga tercapai SKL.