RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN (RPL)
SATUAN LAYANAN BK KLASIKAL
Satuan Pendidikan | : Sekolah Menengan Atas Negeri 1 ....................... |
Kelas/Semester | : XI / I |
Waktu | : 1 X 40 menit |
MATERI LAYANAN | : | BAB I SERUNYA KELAS XI A SEMANGAT BARU DI AWAL TAHUN |
ASPEK DAN TUGAS PERKEMBANGAN | : | 7. Pengembangan pribadi |
NILAI KARAKTER | : | Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Mandiri, Bersahabat / Komunikatif, Tanggung Jawab |
KOMPETENSI | : | Semangat gres di kelas XI |
INDIKATOR | : | Dapat menyesuaikan diri |
BIDANG LAYANAN | : | Sosial |
TUJUAN LAYANAN | : | Peserta didik mencicipi suasana berguru yang nyaman di kelas XI |
FUNGSI LAYANAN | : | Pemahaman, Penyesuaian, Penyaluran, Preventif, Pemeliharaan, Pengembangan |
METODE | : | Kooperatif Learning, Joyfull Learning |
SUMBER LAYANAN | : | Modul B - Psikologi Remaj, Dinamika Kelompok |
LANGKAH-LANGKAH LAYANAN : |
KEGIATAN PELAYANAN KLASIKAL | WAKTU |
A. Pendahuluan 1. Memberi salam, menilik kehadiran penerima didik dan kebersihan kelas. 2. Apersepsi dan motivasi : Maju di kelas VIII, penting tidak ya ? 3. Menjelaskan tujuan pelayanan klasikal dan aspek perkembangan yang akan dicapai sesuai dengan RPL Silabus. | 10 ’ |
B. Kegiatan Inti 1. Proses • Eksplorasi : menggunakan media flip-chart untuk menyanyikan bersama lagu ”MAJU KELAS XI” • Elaborasi : peserta didik mengemukakan gagasan baru secara verbal ”SERUNYA KELAS XI” untuk berprestasi. • Konfirmasi : memberikan konfirmasi terhadap pengalaman pada awal tahun di kelas XI. 2. Aspek CTL • Konstruktivisme (membangun) : Grateful to God, Parent’s support, Thank you my teachers, My great best friends yaitu yang menciptakan penerima didik mencicipi seru berada di kelas XI. • dapat berada di kelas XI alasannya prestasinya dan sumbangan dari para guru kelas XI. • Authentic Assessment (penilaian yang sebenarnya) : Peserta didik menyelesaikan kiprah di modul BK dengan menuliskan syair lagu atau puisi Kelas XI. 3. Kecakapan Hidup • .Kooperatif : bersemangat untuk maju di kelas XI | 25’ |
C. Penutup 1. Kesimpulan : penerima didik dan guru BK menyimpulkan . semangat berada di kelas XI 2. Refleksi : semangat dan maju di kelas XI melalui lagu ”Maju Kelas XI” | 5 ’ |
I. PENILAIAN
TEKNIK | BENTUK | TAHAP PENILAIAN |
Penilaian diri | Pendapat pribadi | Laiseg : Semangat di kelas XI Laijapen : Semangat berguru di kelas XI Laijapan : Prestasi tercapai |
A. Diberikan reward jikalau ada perubahan perilaku pada penerima didik berjulukan :
B. Diberikan Perhatian Khusus (PK) bagi penerima didik yang belum ada perubahan perilaku bernama
Mengetahui, .............................., Juli 2017
Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 1 ............... Guru BK Kelas XI
.................................... ................................................
NIP. NIP. –