[Pengertian] Ekonomi Menurut Pendapat Para Ahli

[Pengertian] Ekonomi Menurut Pendapat Para Ahli| Istilah ekonomi berasal dari bahasa oikos yang berarti keluarga, rumah tangga & nomos adalah peraturan, aturan, hukum. Secara etimologi (bahasa), [Pengertian] ekonomi adalah aturan rumah tangga atau manajemen rumah tangga. Sedangkan Secara umum, [Pengertian] Ekonomi adalah salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, & konsumsi terhadap barang & jasa. Seseoran yang dikatakan sebagai teladan ilmu ekonomi adalah dinamakan dengan ahli ekonomi atau ekonom. Ekonom adalah orang yang menggunakan konsep ekonomi, & data dalam bekerja. 

[Pengertian] Ekonomi Menurut Pendapat Para Ahli - Terdapat banyak para ahli yang memberikan pendapatnya dalam mendefinisikan [Pengertian] ekonomi. Macm-macam [Pengertian] ekonomi menurut pendapat para ahli antara lain sebagai berikut..
  • Adam Smith - [Pengertian] ekonomi menurut pendapat Adam Smith adalah penyelidikan tentang keadaan & sebab adanya kekayaan negara. 
  • Mill J.S - Menurut Mil J.S, [Pengertian] ekonomi adalah sains praktikal tentang pengeluaran & penagihan. 
  • Hermawan Kartajaya - [Pengertian] ekonomi menurut pendapat Hermawan Kartajayat adalah platform dimana sektor industri melekat diatasnya. 
  • Paul A. Samuelson - Menurut Paul. A. Samuelson, [Pengertian] ekonomi adalah cara-cara yang dilakukan oleh manusia & kelompoknya untuk memanfaatkan sumber-sumber terbatas untuk memperoleh berbagai komoditi & mendistribusikannya untuk dikonsumsi oleh masyarakat. 
  • Abraham Maslow - Menurut Abraham Maslow, ekonomi adalah salah satu bidang pengkajian yang mencoba menyelesaikan masalah keperluan asas kehidupan manusia melalui penggemblengan segala sumber ekonomi yang ada dengan berasaskan prinsip serta teori tertentu dalam suatu sistem ekonomi yang dianggap efektif & efisien. 
  • M. Manulang - Menurutnya, [Pengertian] ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari masyarakat dalam usahanya untuk mencapai kemakmuran, yaitu keadaan dimana manusia dapat memenuhi kebutuhannya dari segi pemenuhan barang maupun jasa.
Tindakan-Tindakan dalam Ekonomi - Tindakan ekonomi adalah istilah yang mengacu kepada setiap usaha manusia berdasarkan dari pilihan yang sangat baik, & sangat menguntungkan. Contohnya - ibu memasak dengan kayu bakar karena harga bahan bakar minyak sangat mahal. Macam2 tindakan ekonomi adalah terdiri dari dua aspek antara lain sebagai berikut.. 
  • Tindakan ekonomi rasional, adalah setiap usaha manusia berdasarkan dari pilihan paling menguntungkan, & kenyataan memang demikian. 
  • Tindakan ekonomi irrasional, ialah setiap usaha manusia berdasarkan dari pilihan yang paling menguntungkan namun kenyataannya tidak demikian.
Motif-Motif Ekonomi - Motif ekonomi adalah alasan ataupun tujuan seseorang sehingga seseorang itu melakukan tindakan ekonomi. Macam2 motif ekonomi adalah terbagi atas dua aspek antara lain sebagai berikut.. 
  • Motif instrinsik, adalah sebagai suatu keinginan untuk melakukan tindakan ekonomi atas kemauan sendiri 
  • Motif ekstrinsik, ialah sebagai suatu keinginan untuk melakukan tindakan ekonomi atas dorongan orang lain.
Namun, pada prakteknya terdapat beberapa macam motif ekonomi yaitu..
  • Motif memenuhi kebutuhan 
  • Motif memperoleh keuntungan 
  • Motif memperoleh penghargaan
  • Motif memperoleh kekuasaan 
  • Motif sosial/menolong sesama
Prinsip Ekonomi - Prinsip ekonomi merupakan Pedomanuntuk melakukan tindakan ekonomi berdasarkan asas dengan pengorbanan tertentu & hasil yang maksimal. Prinsip ekonomi adalah dengan pengorbanan sekecil-kecilnya untuk memperoleh hasil tertentu, atau dengan pengorbanan tertentu untuk memperoleh hasil semaksimal mungkin.

Baca Juga : 

[Pengertian] Ekonomi Makro & Mikro Serta Perbedaannya
[Pengertian] Ciri2 & Tujuan Koperasi Sekolah

[Pengertian] Ekonomi Menurut Pendapat Para Ahli [Pengertian] Ekonomi Menurut Pendapat Para Ahli

Demikianlah informasi mengenai [Pengertian] Ekonomi Menurut Pendapat Para Ahli. Semoga teman-teman dapat menerima & bermanfaat bagi kita semua baik itu [Pengertian] ekonomi secara etimologi, [Pengertian] ekonomi, [Pengertian] ekonomi menurut pendapat para ahli, tindakan-tindakan ekonomi, motif-motif ekonomi, & prinsip ekonomi. Sekian & terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman". Jangan Lupa SHARE yah :) . 
LihatTutupKomentar